Pemkab Segera Luncurkan Aplikasi Perizinan Berbasis Online

Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango segera meluncurkan aplikasi perizinan berbasis online, guna membantu pelayanan kepada masyarakat.

Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma mengatakan aplikasi ini untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan perizinan kepada warga, sekaligus menghindari bentuk birokrasi panjang.

Persiapan penerapan aplikasi perizinan berbasis online ini merupakan wujud dan komitmen Pemkab setempat beberapa waktu lalu dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

“Terutama dalam rangka transparansi proses pelayanan perizinan dan juga menghadirkan model pelayanan perizinan yang dekat dengan masyarakat. Yakni dengan membangun sistem perizinan berbasis online,” katanya, Selasa.

Menurutnya, saat ini ada 48 urusan dan 102 jenis perizinan yang disiapkan pada peluncuran penerapan aplikasi perizinan berbasis online tersebut.

Karena itu, Sekda berharap kepada para pimpinan OPD terkait untuk segera menetapkan satu hingga tiga orang stafnya yang akan menjadi petugas teknis sekaligus menjadi mitra Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bone Bolango, di dalam memproses perizinan yang nantinya berbasis online tersebut.

Salah seorang pelaku usaha kecil menengah di Gorontalo, Yanto, memberi apresiasi program peluncuran aplikasi ini, sehingga proses perizinan lebih mudah.

“Pemkab telah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha, semoga ini bisa kami manfaatkan sebaik mungkin,” katanya. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here