Pemkab Gorontalo Utara Optimalkan Vaksinasi COVID-19

Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di wilayah kepulauan.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo, Minggu mengatakan pihaknya bterus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19, seperti pelaksanaan vaksinasi di Desa Pulau Dudepo, Kecamatan Anggrek.

Sesuai laporan pihak Puskesmas Ilangata selaku penanggungjawab pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di pulau tersebut mengalami perlambatan akibat faktor alam dan sarana prasarana penunjang.

Padahal jumlah sasaran vaksinasi COVID-19 di pulau tersebut sebanyak 1.026 orang tersebar di 4 dusun. Namun realisasinya untuk dosis 1 baru mencapai 300 sasaran dan dosis 2, sebanyak 17 sasaran.

Oleh karenanya, Pemkab berupaya melakukan pembenahan untuk optimalisasi pelayanan di wilayah kepulauan tersebut.

Baik dari ketersediaan tenaga dokter, alat transportasi dan genset yang diperlukan untuk menunjang vaksin tersimpan aman di suhu dingin, mengingat belum ada aliran listrik ke pulau yang dapat diakses dari tambatan perahu di Pelabuhan Anggrek dan Desa Tolango itu.

Ia berharap, upaya tersebut dapat mengatasi perlambatan vaksinasi COVID-19 di Desa Pulau Dudepo untuk menunjang persentase capaian vaksinasi di tingkat kabupaten hingga nasional.

Kabupaten Gorontalo Utara memiliki 123 desa tersebar di 11 kecamatan. Dan Desa Pulau Dudepo di Kecamatan Anggrek, merupakan salah satu wilayah yang hanya bisa diakses menggunakan transportasi laut.

Bahkan dari 4 dusun yang ada, 2 diantaranya hanya bisa diakses melalui laut, sehingga tenaga kesehatan wajib turun langsung ke dusun-dusun tersebut.

Olehnya, saat cuaca ekstrem dan air laut surut, transportasi akan menjadi kendala dalam pelayanan kesehatan dan vaksinasi COVID-19.

“Kami berupaya mengatasinya. Agar masyarakat di pulau ini dapat terlayani sesuai target sasaran,” katanya.(Ant)