Pemkab Gorontalo Persiapkan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits

Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mematangkan persiapan seleksi Tilawatil Qur`an dan Hadits (STQH) tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2019.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb saat rapat persiapan kegiatan itu, Selasa, mengatakan STQH akan dipusatkan di Desa Luwoo, Kecamatan Telaga Jaya.

“Kegiatan ini akan berlangsung pada 6 Maret hingga 8 Maret nanti dan akan diawali dengan devile dari seluruh peserta kecamatan se Kabupaten Gorontalo,” ujarnya.

Ia mengungkapkan jika cabang yang akan dilombakan terdiri dari Tilawah Al-Quran golongan anak?anak putra dan putri serta umum.

Selanjutnya lomba cabang hafisz Al Quran golongan satu juz dan putra-putri umur maksimal 15 tahun 11 bulan 29 hari, golongan lima juz dan tilawah putra-putri umur maksimal 20 tahun 11 bulan 29 hari, golongan 10 juz putra-putri umur maksimal 22 tahun 11 bulan 29 hari.

Dan golongan 20 juz putra-putri, umur maksimal 22 tahun 11 bulan 29 hari, golongan 30 juz putra-putri umur maksimal 22 tahun 11 bulan 29 hari.

Selanjutnya cabang tafsir Al Quran terdiri dari golongan bahasa arab putra-putri yaitu hafalan juz dan tafsir juz, cabang musbaqah hadist nabi terdiri dari golongan hafalan 100 hadist dengan sanad putra-putri dan golongan 500 hadist tanpa sanad putra-putri.

“Kegiatan ini akan digelar semeriah mungkin, karna merupakan syiar dengan melibatkan peserta lokal kurang lebih 2.000 orang termasuk juga masyarakat umum,” ucapnya.

Sementara itu, ketua LPTQ Telaga Jaya Sofyan Puhi mengatakan jika pihaknya telah mempersiapkan dan memaksimalkan pelaksanaan tempat kegiatan tersebut.

“Kami juga telah mempersiapakan berbagai rumah tinggal bagi para peserta agar merasa nyaman selama pelaksanaan kegiatan ini. Serta dukungan lainnya, seperti pos kesehatan dan MCK yang akan digunakan oleh pengunjung,” kata dia, lagi.

Sofyan pun berharap masyarakat Kabupaten Gorontalo dapat turut serta untuk mensukseskan kegiatan itu sebagai ajang dakwah. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here