Pemkab Gorontalo Bertekad Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, bertekad mengembangkan budidaya ikan air tawar di seluruh Kecamatan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, Abdulbar Jahya di Gorontalo, Rabu, mengatakan untuk mewujudkan hal itu, pihaknya menfasilitasi benih ikan untuk masyarakat.

“Kita akan menyediakan benih ikan yang tepat untuk masyarakat, selain itu pemanfaatan embung desa yang dibangun oleh dinas terkait dan instansi dengan menebarkan ikan di dalamnya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, hal itu akan dimasukan dalam program penebaran ikan dalam embung dan waduk yang ada di Kabupaten Gorontalo.

“Jenis ikan air tawar yang kita kembangkan yaitu ikan lele dan juga ikan nila, karena memiliki daya tahan yang baik dan mudah untuk berkembang biak diperairan umum,” ujarnya.

Saat ini daerah yang menjadi lokasi pembudidayaan ikan air tawar di Kabupaten Gorontalo terdapat di Kecamatan Telaga, Talaga Jaya, Telaga Biru dan Limboto serta Tilango.

Abdulbar mengungkapkan, selain mengembangkan ikan budidaya, pihaknya menargetkan peningkatan sektor perikanan tangkap, baik ikan air asin dan air tawar.

“Kita menargetkan sektor perikanan tangkap sebesar 21.000 ton untuk tahun 2018 atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan air tawar mencapai 6.000 ton,” jelasnya. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here