Kampanye Program Pengelolaan Sampah di Desa

Gorontalo – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo mengampanyekan program pengelolaan sampah yang mencakup pengurangan, penggunaan kembali, dan pendaurulangan sampah di desa-desa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo Fayzal Lamakaraka, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan kampanye yang dimulai dari Desa Butu di Kabupaten Bone Bolango pada Kamis (20/2) ditujukan untuk mendorong pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga dan desa.

“Jumlah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Gorontalo semakin meningkat, seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan hidup,” katanya di Gorontalo.

Pemerintah Provinsi ingin warga terlibat dalam kegiatan pengumpulan, pemilahan, dan pengolahan sampah serta berupaya mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaurulang sampah rumah tangga.

“Saya berharap Desa Butu Kecamatan Tilongkabila menjadi desa percontohan dalam program pengelolaan sampah yang baik dan benar melalui Program 3R, sehingga desa-desa terdekat akan dapat belajar di desa ini,” kata Fayzal. (Ant)