DPRD Gorontalo Utara Apresiasi Upaya Pemkab Tingkatkan Capaian Vaksinasi COVID-19

Gorontalo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengapresiasi upaya pemerintah kabupaten setempat dalam meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu demi mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus corona baru.

“Namun pemkab perlu bekerja lebih keras lagi, untuk menaikkan capaian vaksinasi COVID-19 di daerah ini dan DPRD memberi dukungan penuh,” kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik, di Gorontalo, Jumat.

Hal itu ia katakan pada pertemuan DPRD dengan Bupati Gorontalo Utara dan Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Gorontalo Utara.

DPRD setempat meminta pemkab melakukan gerakan lebih ekstra untuk dapat menaikkan capaian vaksinasi COVID-19.

Ia menyarankan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 melakukan identifikasi kegiatan vaksinasi agar persoalan yang memperlambat capaian vaksinasi dapat diatasi.

Ia mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 harus optimal menyesuaikan anggaran yang terkonsentrasi di Dinas Kesehatan sejak Tahun Anggaran 2020 hingga 2021, bahkan 2022.

“Dinas Kesehatan perlu mengoptimalkan penggunaan anggaran tersebut dalam menaikkan persentase orang yang telah divaksin COVID-19 dan DPRD akan terus melakukan pengawasan pemanfaatannya,” katanya.

Ia menjelaskan tentang pentingnya dukungan untuk mencapai sasaran vaksinasi COVID-19 dosis 1 agar segera naik hingga melampaui persentase 60 persen.

Ia mengharapkan adanya pola pendekatan dan cara sosialisasi yang lebih kuat kepada masyarakat untuk meningkatkan capaian vaksinasi di daerah ini.

“Komitmen pemkab telah maksimal dalam upaya menjaga keselamatan publik dari pandemi ini, dengan berupaya mencegah penyebarannya. Olehnya sosialisasi terhadap manfaat vaksinasi perlu lebih masif lagi,” kata dia.(Ant)