Dinkes Gorontalo Menggencarkan PSN Mencegah DBD

Gorontalo – Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menggencarkan pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, Jumat, mengatakan pihaknya bersama puskesmas dan lintas sektor jauh hari sebelum pancaroba telah melakukan PSN melalui Gerakan Jumat Bersih.

“Pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan agar lingkungan selalu bersih dan bebas dari jentik nyamuk,” ujarnya.

3M Plus yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan ember.

Lalu menutup rapat tempat penampungan air seperti tanki air, drum dan lain sebagainya, serta mendaur ulang barang bekas yang berpotensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan diantaranya menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan anti nyamuk, kelambu saat tidur serta menghidari menggantung pakaian dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk,” jelasnya.

Selain PSN, Roni juga mengatakan bahwa pihaknya “fogging” di daerah Kecamatan Limboto dan Kecamatan Telaga.

“Insya Allah pencegahan DBD lebih mudah dengan adanya PSN dan hal itu ditunjukan dengan penurunan angka kasus DBD yang terjadi di daerah itu dalam tiga tahun terakhir,” kata dia, lagi.

Pada tahun 2016 terjadi kasus DBD sebanyak 310 orang, dan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan lintas sektor dan partisipasi masyarakat DBD di tahun 2017 menurun 50 persen menjadi 150 orang. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here