Bupati Gorontalo Bagikan Masker di Pasar Limboto

Gorontalo  – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membagikan masker kepada masyarakat di Pasar Limboto, Provinsi Gorontalo sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

“Salah satu tempat umum yang kita kendalikan kebersihannya adalah pasar, karena di sini banyak interaksi orang, baik penjual dan pembeli,” ujar dia di Gorontalo, Sabtu.

Sejak pekan lalu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mengeluarkan edaran kepada msayarakat untuk selalu menjaga kebersihan, termasuk di pasar.

“Selain menjaga kebersihan, kita melakukan ‘fogging’ (pengasapan) dan sosialisasi terkait virus corona,” ungkap Nelson.

Langkah selanjutnya, kata dia, penerapan standar operasional prosedur terkait dengan pengendalian corona dan virus lainnya dengan gerakan bersih-bersih serta menggunakan masker di tempat umum, seperti pasar.

Nelson juga mengimbau warga setempat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah terjangkit virus corona baru itu.

“PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan tentang pentingnya pencegahan penyebaran virus corona yang dapat dilakukan setiap orang, antara lain dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, rajin olahraga, istirahat yang cukup, mengonsumsi gizi seimbang, dan perbanyak makan buah.(Ant)