Dukung Ekonomi Kreatif, BI Gorontalo Gelar Festival

Gorontalo – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menggelar Hulonthalo Arts and Craft Festival 2021 dengan menampilkan produk kerajinan lokal Gorontalo dalam upaya mendukung sektor ekonomi kreatif serta pemulihan ekonomi nasional, Kamis.

Kepala KPw Bank Indonesia Gorontalo, Budi Widihartanto di Gorontalo, mengatakan ajang tersebut menampilkan kerajinan tangan serta busana dari perajin serta perancang yang ada di Gorontalo.

“Kantor Perwakilan BI Gorontalo sangat mendukung kegiatan apapun yang mengarah kepada dukungan kepada para UMKM khususnya yang di sektor ekonomi kreatif,” ujar Budi.

Menurut dia, kata kunci yang paling penting adalah bagaimana sejumlah pihak terus melakukan sinergi dan kolaborasi secara terus menurus. Pada kegiatan itu pihaknya bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Tema pada kali ini adalah bagaimana kita membangkitkan ekonomi Gorontalo di tengah pandemi. Oleh karena itu kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan meskipun kita terus disiplin dengan protokol kesehatan yang harus baik dengan gerakan 6M,” katanya.

Budi pun meminta para pelaku industri kreatif terus mencari solusi untuk meningkatkan kualitas dan cara menjual dengan teknik digitalisasi yang saat ini berkembang.

“Jadi jangan hanya kita mencoba menjual dengan cara konversional, tetapi dengan gaya-gaya yang sekarang ini justru bahkan dapat memberi kesempatan kepada pelaku ekonomi kreatif menjual produk-produknya hingga bukan hanya di wilayah Gorontalo tetapi bahkan di luar negeri,” katanya.

Dengan kemajuan teknologi digital kata Budi, pelaku bisnis dapat berjualan dari daerah terluar dan terdepan dan terjauh, dan hal itu bukan merupakan halangan tetapi merupakan pemicu atau peluang yang perlu ditemukan jalan keluarnya.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan omset dan juga untuk meningkatkan hasil produk yang telah kita buat dan khususnya bagi para generasi muda memperlihatkan keindahan hasil karya kreatif di dunia busana serta merupakan silaturahmi agar terus berkembang dan memberikan yang terbaik, trendi, indah dan unik bagi daerahnya di Provinsi Gorontalo,” katanya. (Ant)