Bupati Gorontalo Berharap PPL Lebih Aktif Edukasi Petani

Gorontalo – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) lebih aktif mengedukasi petani dalam mengembangkan pertanian di daerah setempat.

“Dengan begitu produksi pertanian lebih meningkat. Saya melihat semangat petani dalam menanam sangat tinggi, namun sering kali petani banyak mengalami persoalan,” ujar dia usai sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian di Kabupaten Gorontalo, Selasa.

Ia menjelaskan jika PPL dapat lebih mengedukasi petani mengenai pupuk, bibit, serta akses di bank guna mendapatkan modal dalam mengembangkan hasil pertanian.

Oleh karena itu, menurut dia, peran dari penyuluh diharapkan dalam memberikan edukasi kepada petani dalam berbagai persoalan yang ada.

Nelson yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Gorontalo tersebut, mendorong upaya petani di Provinsi Gorontalo lebih mandiri.

“Problem petani hari ini adalah kemandirian, karena mereka selalu mengandalkan subsidi dari pemerintah. Kita pun akan berupaya bagaimana petani bisa mandiri, dengan menggandeng perbankan agar petani bisa mendapatkan modal melalui dana KUR,” kata dia.

Untuk pembayarannya, kata dia, petani dapat membayar setelah panen sehingga dapat mandiri.

“Jika petani mandiri, saya yakin persoalan yang dihadapi selama ini tak akan terjadi lagi. Hasil pertanian pun akan lebih meningkat,” katanya. (Ant)