Penerima Vaksinasi di Gorontalo Utara Terus Meningkat

Gorontalo – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menyebutkan, jumlah penerima vaksinasi COVID-19 di daerah itu terus mengalami peningkatan setiap hari.

“Kondisi ini sangat menggembirakan. Kami berharap jumlah tersebut terus meningkat hingga target realisasi menembus 80 persen tercapai pada Oktober 2021 yang tinggal beberapa hari lagi,” katanya, di Gorontalo, Minggu.

Pemerintah daerah memang menargetkan realisasi vaksinasi COVID-19 terus tercapai. Artinya, setiap hari harus ada angka yang dihasilkan dalam pelaksanaan tersebut.

Untuk itu di setiap pelaksanaan kegiatan pemerintahan maupun sosial kemasyarakatan di tingkat kabupaten hingga desa, dimanfaatkan untuk menggelar kegiatan vaksinasi COVID-19.

Selain pelaksanaan vaksinasi di fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu puskesmas, rumah sakit, maupun gerai vaksinasi di pasar-pasar tradisional dan tempat pelelangan ikan, serta gerai lainnya.

Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pun dikerahkan sebagai regulator kegiatan vaksinasi menyebar di 123 desa.

“Jadi pihak puskesmas maupun rumah sakit sebagai pelaksana vaksinasi atau penyuntikan. Sementara pemerintah desa hingga OPD sebagai pihak yang terus mengajak dan menyosialisasikan pentingnya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk mempercepat terbentuknya kekebalan tubuh bersama,” katanya.

Sehingga akselerasi pelaksanaan vaksinasi tercapai dan hasilnya pun signifikan.

Hingga saat ini, total penerima vaksinasi COVID-19 tersebar di 11 kecamatan dengan target penerima atau sasaran sebanyak 99.908 orang, telah mencapai 54.749 sasaran atau 54,80 persen.

Realisasi dosis 1, mencapai 39.186 sasaran atau 39,22 persen, dosis 2 sebanyak 15.553 sasaran atau 15,57 persen dan dosis 3 mencapai 10 sasaran atau 0,01 persen.

Sementara angka kesembuhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 820 orang dari 878 kasus. (Ant)