Pemkab Gorontalo Dukung Pembangunan Kompi Satuan Brimob

Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyatakan dukungannya terhadap rencana pembangunan Kompi dan Markas Komando (Mako) Satuan Brimob Polda Gorontalo di kabupaten itu.

“Kita sudah menyiapkan lahan di Desa Imana, Kecamatan Atinggola, sebagai lokasi pembangunan markas Kompi Satuan Brimob (SatBrimob) Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo,” kata Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Rabu.

Menurutnya, Pemkab menyambut antusias rencana pembangunan markas Kompi SatBrimob di daerah ini.

Lokasinya sengaja dipilih di Desa Imana, Kecamatan Atinggola, sebab dinilai sangat strategis berada di ujung lintas Sulawesi bagian timur.

Sedangkan untuk lokasi Markas Komando (Mako) Brimob di daerah ini, direncanakan berada di pusat ibu kota kabupaten.

Pada pertemuannya dengan Dansat Brimob Polda Gorontalo, Kombes Pol Muhammad Ridwan, Indra menyebut memberi dukungan penuh terhadap keberadaan Kompi dan Mako Brimob di daerah itu.

Mengingat kabupaten tersebut ada di lintas Sulawesi dan ke depan akan menjadi salah satu daerah penyanggah keberadaan ibu kota negara di Kalimantan.

Sehingga berkumpulnya seluruh satuan TNI dan Polri di daerah itu, sangat diperlukan dalam rangka mendukung stabilitas keamanan dan pertahanan negara, khususnya di teras depan Indonesia bagian utara Gorontalo tersebut.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Gorontalo, Kombes Pol Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya sementara menyiapkan dukungan dalam merealisasikan kompi dan Mako di kabupaten itu.

Kesiapan lahan, personel serta rencana pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan, sementara dilakukan.

“Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah kabupaten. Gorontalo Utara dipilih sebab berada di wilayah perbatasan baik darat dengan Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah dan laut berbatasan dengan beberapa negara. Termasuk berbatasan dengan wilayah konflik yaitu Sulawesi Tengah,” katanya.

Polda Gorontalo katanya lagi, telah meningkat status menjadi tipe A, sehingga SatBrimob yang ada minimal telah memiliki 3 batalyon dan 1 detasemen.

“Saat ini, kita baru memiliki 2 batalyon dan 1 detasemen,” imbuhnya. (Ant)