Gubernur Gorontalo tantang ESI gelar kejurnas esport

Gorontalo – Penjabat (Pj) Gubernur Hamka Hendra Noer memberi tantangan kepada Esport Indonesia (ESI) Gorontalo, untuk menggelar Kejuaraan Nasional Esport di daerah tersebut.

“Sekarang saya menantang Pak Suryono Ketua ESI nih. Bisakah kita bikin kejurnas esport di Gorontalo? Saya yakin pasti bisa,” kata Hamka saat menghadiri ESI Talk Piala Gubernur Gorontalo di Gedung Belle Li Mbui, Selasa.

Menurut Hamka semakin besar geliat olahraga di daerah, maka kemampuan atlet akan semakin teruji dan berpeluang menghasilkan pretasi.

Selain itu, sektor ekonomi dan pariwisata akan ikut bergeliat sehingga pedagang dan masyarakat secara luas ikut diuntungkan.

“Itu yang menjadi dasar Gorontalo mengajukan diri dan terpilih sebagai tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023 mendatang. Untuk cabang olahraga lain saya kira juga bisa,” ujarnya.

Staf Ahli Menpora Bidang Budaya Sportivitas itu menyebut olahraga elektronik seperti esport terbilang cukup mudah dilaksanakan, jika dibandingkan dengan olahraga konvensional.

Selain tidak membutuh lapangan yang besar, esport dapat ditonton penggemarnya secara daring sehingga tidak membutuhkan banyak fasilitas.

“Esport ini agak mudah. Berbeda dengan mini football misalnya, kita harus cari lapangan cari stadion. Kalau ini kan kita bikin di hotel bisa,” tambahnya.

ESI Talk sekaligus menjadi babak 8 besar kejuaraan esport Gubernur Gorontalo Cup I.

Kejuaraan tersebut mempertandingkan empat cabang olahraga yakni mobile legend, free fire, PUBG dan efootball 2023. (Ant)