BPOM Nilai Instalasi Farmasi Gorontalo Siap Terima Vaksin Sinovac

Gorontalo, – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo menilai instalasi farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo siap untuk menerima vaksin COVID-19 Sinovac.

Kepala BPOM Provinsi Gorontalo, Agus Yudi Prayudana di Gorontalo, Selasa, mengatakan vaksin tersebut dijadwalkan akan tiba dalam beberapa hari ke depan.

“Kami BPOM ingin memastikan vaksin ini saat didistribusikan tetap melalui jalur rantai dingin, menjaga dan memastikan vaksin keluar dari produksi ke gudang farmasi dijaga dalam suhu 2-8 derajat celcius,” ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksin nanti boleh digunakan setelah keluar izin edar berupa emergency use authorization (EUA) dari Badan POM.

“Setelah keluar EUA baru vaksin bisa didistribusikan ke kabupaten dan kota baru diberikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Agus Yudi bersama Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo telah melalukan peninjauan ruang pendingin hingga tenaga listrik cadangan untuk penyimpanan vaksin di instalasi farmasi Dinas Kesehatan setempat. (Ant)