85 Persen Vaksinasi COVID-19 Kalangan Guru di Gorontalo Utara

Gorontalo – Dinas Pendidikan Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, mencatat vaksinasi COVID-19 bagi kalangan guru di daerah itu telah mencapai 85 persen.

“Seluruh guru aparatur sipil negara (ASN) tersebar di 181 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), juga di 187 TK/PAUD telah menerima vaksinasi COVID-19 dengan capaian keseluruhan 85 persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Gorontalo Utara Irwan Abudi Usman, di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan, angka vaksinasi guru belum menembus target capaian 100 persen karena tidak seluruhnya memenuhi syarat vaksinasi.

Ada yang masih terkendala dengan masalah kesehatan. “Namun tetap kami daftarkan agar nanti bisa divaksinasi jika kondisinya telah memungkinkan,” katanya lagi.

Khusus tenaga kependidikan di lingkungan kantor Dinas Pendidikan dari kabupaten hingga kecamatan, dipastikan telah menerima vaksinasi COVID-19 dengan persentase 100 persen.

Data menggembirakan itu patut disampaikan pada momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, tambahnya, mengingat pandemi COVID-19 ikut menghantam aktivitas dunia pendidikan.

Namun semangat dan komitmen yang kuat untuk tetap bangkit dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar melalui upaya vaksinasi COVID-19, diharapkan membangkitkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran 2021/2022.

Meski masih akan menerapkan pembatasan namun kita targetkan pelaksanaan belajar tatap muka segera diterapkan.

Mengingat dari sisi pemenuhan tahapan, standar operasional prosedur (SOP) dan administrasi telah sangat siap, mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 6 tahun 2020, tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi.

Ia mengungkapkan, teknis belajar tatap muka itu telah dituangkan dalam panduan penerapan protokol kesehatan di satuan pendidikan. (Ant)