Kwarda Pramuka Gorontalo Kedepankan Pendidikan Karakter

Gorontalo – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menjelaskan kegiatan kepramukaan dapat menciptakan peserta didiknya yang berkarakter.

“Karakter terbentuk tidak saja diperoleh dari teknik kepramukaan (tekpram), tetapi juga melalui kemampuan, keterampilan dan pengelolaan organisasi,” kata Idah pada kegiatan Pendidikan Karakter Kepramukaan di MTs Negeri Kota Gorontalo, Senin.

Menurut istri dari Gubernur Gorontalo ini, banyak pendidikan karakter yang bisa diperoleh pada kegiatan kepramukaan, yang semuanya tercakup dalam Dasa Dharma. Sahabat yang baik itu Pramuka, sebab tidak ada anak pramuka yang melakukan demo, tawuran dan anggota pramuka tidak ada yang melakukan tindakan-tindakan yang bertantangan dengan Pancasila.

Pendidikan karakter tidak cukup hanya dihafal, akan tetapi lebih dari pada itu, 10 isi Dasa Dharma harus sering dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk karakter setiap anggota Pramuka.

“Kalian sebagai anak-anak penerus cita-cita bangsa yang akan mengambil alih kepemimpinan dimasa depan jika memiliki pendidikan karakter yang baik akan tumbuh di hati kalian, jiwa yang bertanggungjawab, peduli terhadap masyarakat, toleran sesama serta bisa menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Melalui kegiatan pendidikan karakter kepramukaan ini pula, Idah berharap kepada seluruh generasi muda, khususnya siswa MTS Negeri Kota Gorontalo agar apa yang diperoleh selama kegiatan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi pegangan hidup mereka dimasa yang akan datang.(Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here