Sekda Dorong Pensiunan PNS Tetap Produktif

Gorontalo – Pelaksana Harian Sekda Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe di Gorontalo, Selasa, meminta pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemprov setempat untuk tetap produktif.

Menurutnya akan ada banyak perubahan ketika PNS pensiun baik dari sisi ekonomi, rutinitas, mental dan psikologis.

“Biasanya orang yang berubah suasana bisa berpengaruh pada mental setiap orang. Apalagi kalo tidak dilalui dengan hal-hal yang positif,” ujarnya saat Sosialisasi dan Pembekalan bagi PNS yang akan Memasuki Purna Tugas 2019 dan 2020.

Oleh karena itu, pemprov berupaya memberikan pembinaan untuk menyiapkan PNS yang akan pensiun.

Mereka diminta untuk siap dengan perubahan yang akan dihadapi, terlebih dalam hal perubahan saat menduduki jabatan dan nanti tidak memiliki jabatan apa-apa.

“Kan punya Taspen, ini yang bisa dikelola. Dengan cara begitu, ibu bapak bisa punya kegiatan yang bisa membantu untuk tidak diam di rumah dan masih produktif,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo, Gathan Dokliwan mengatakan total PNS pensiun di 2019 ada sebanyak 117 ASN.

Terdiri dari 57 Guru, 3 orang esolon II, 6 orang eselon III, 5 orang elon IV dan 46 orang pelaksana. Dari keseluruhan yang kami undang ada sekitar 97 PNS yang bisa dijangkau.

“Untuk ASN yang ada di Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Boalemo belum sempat kami undang. Hanya yang ada di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo, mengingat khusus untuk guru-guru lainnya berada di kabupaten terjauh,” ungkapnya.

Kepala Sub Bidang KORPRI Gorontalo, Leisyawati Ali juga menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dilaksanakan sebagai salah satu tugas dan fungsi Sub Bidang Sekretariat Korpri.

Para pensiunan PNS didorong untuk siap secara lahir batin menyongsong masa pensiun.

“Untuk itu kami mengundang pemateri dari unsur kewirausahaan, PT. Taspen dan juga akademisi untuk memberikan pembekalan kepada mereka,” lanjutnya. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here