Bupati Gorontalo Minta “Kopek” Terus Perkuat Keorganisasian

Gorontalo – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta seluruh anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) untuk terus memperkuat keorganisasian, dalam rangka mewujudkan revitalisasi kelapa maupun industrinya.

“Langkah memperkuat keorganisasian KOPEK, tentunya dengan cara mendorong koordinasi antara Kabupaten anggota KOPEK dengan Pemerintah Pusat, pengusaha industi kelapa serta para petani kelapa,” ujar Nelson melalui pesan tertulis ke ANTARA dari Rakernas KOPEK di Bali, Jumat.

Nelson Pomalingo yang juga menjabat sebagai ketua Umum KOPEK mengungkapkan jika kelapa tidak sekedar menjadi industri pertanian, namun dijadikan sebagai komiditi pariwisata serta komoditi riset dan pendidikan.

Olehnya semua Kabupaten penghasil Kelapa diharapkan dapat menyediakan beragam jenis kelapa untuk dipamerkan pada Festival Kelapa Internasional ke-3 Tahun 2019 di Kabupaten Karangasem, Bali nanti.

“Secara Sosiologi kelapa ini dibutuhkan oleh semua orang, bahkan khusus di Provinsi Bali sangat dibutuhkan masyarakat dalam pelaksanaan ritual agama maupun ritual adat,” ucapnya.

Sementara di Gorontalo menurut Nelson, produktivitas kelapa terus meningkat, seiring dengan berkembangnya industri di Kabupaten Gorontalo dalam tiga tahun terakhir. (Ant)